Knowledge, Education, Bisnis

Ideacentre. Powered by Blogger.

Belajar animasi 3D dengan Cinema 4D

okeh postingan ini ane akan membahas tentang software Cinema 4D.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgffJxq3hguAvEo_ur_Y4ycKuyJ2KgJlWn1D96dfEuidpxtCeX33EeCIL6wW1PVf77DdIUA4PHekBk6JPZbui_hPCaBKYqwnd9lunoNCKhY-yrLX-Zbt3UuWlEstwJdVv4MKK8kH5kxXOY/s1600/Cinema4d.jpg
Cinema 4D atau biasa di singkat C4D merupakan software 3D animasi dan motion graphic buatan Maxon. Maxon sendiri adalah perusahaan software yang berkedudukan di Jerman.  Seperti halnya dengan software 3D lainnya, tentunya C4D bisa menangani semua pembuatan seperti modeling,lightinganimationtexturingrendering dan lainnya.
Modules atau Add-On dari C4D
Untuk melengkapi persenjataan dari C4D, Maxon menanamkan 10 modules atau add-on pada C4D sebagai senjata untuk melawan competitor software 3D lainnya. Modules C4D di antaranya adalah :
  1. Advanced Render. Add-on untuk pecahayaan.
  2. Mocca. Add-on untuk membuat sebuah karakter atau dengan kata lain character studio.
  3. Pyrocluster. Add-on untuk membuat efek api, asap dan awan.
  4. Thinking Particles. Add-on untuk membuat animasi partikel.
  5. Dynamics. Add-on ini berfungsi untuk menambahkan efek grafitasi, angin, dan kekuatan alam.
  6. BodyPaint 3D
  7. Net Render. Fasilitas render dengan menggunakan jaringan sehingga bisa meningkatkan kecepatan rendering.
  8. Hair. Memudahkan untuk membuat dan menambahkan rambut, jenggot dan kumis untuk karakter.
  9. MoGraph. Salah satu andalan selain bodypaint 3D.
  10. Sketch and Toon. Membuat efek render seperti gambar kartun dengan menggunakan efek-efek seperti Charcoal, pencil dan anime
User interface C4D tidak jauh berbeda dengan software animasi 3D lainnya.


Langkah dan tutorial pembuatan animasinya sebagai berikut:
  • 3D Modeling, dilakukan ketika keseluruhan sketsa dua dimensi sudah selesai kita buat. Secara umum, jumlah polygon pada model ditentukan sesuai kebutuhannya. Untuk kebutuhan game biasanya cukup menggunakan jumlah polygon yang sedikit. Namun untuk kebutuhan model yang detail harus menggunakan jumlah polygon yang banyak.
  • Material/Texturing, dilakukan ketika tahap modeling telah selesai. Pemberian material dan tekstur pada objek bertujuan agar model merepresentasikan kebutuhan konsep kita.

  • Rigging/Bone, digunakan untuk mengatur objek kita agar dapat di animasikan. Pemberian bone biasanya ditujukan bagi pembangunan model 3D karakter desain, namun tidak menutup kemungkinan semua objek diberi bone juga. Yang penting harus sesuai konsep.

  • Environment Setting, adalah pembuatan unsur-unsur pendukung dalam projek tersebut. Misalnya pembuatan sebuah ruang tamu, dimana di dalamnya banyak berisi furnitur mewah dan ruangan tersebut nantinya akan digunakan dalam adegan (scene) baku tembak. Tahap ini biasanya dilakukan sejalan berbarengan dengan pengerjaan karakter desain, namun berbeda divisi/team-nya. Berarti yang harus dibuat untuk menjawab kebutuhan adegan tersebut: membuat model ruangan, berbagai macam furnitur mewah, penyesuaian material, teknik pencahayaan, alur pergerakan kamera. Sedangkan lip-sync disini adalah kegiatan pengisian suara yang dilakukan oleh para pengisi suara di studio rekaman suara.
  • Animating, tugas yang dilakukan oleh animator. Mereka bertanggung jawab membuat model-model yang bergerak memiliki gerakan yang sesuai, sehingga model tersebut akan terlihat hidup. Sebagai catatan Animation atau Animasi berasal dari Bahasa Latin, yaitu Animare yang berarti memberi jiwa. 
  • 3D Rendering,  kalau semua "draft" atau semua langkah diatas  sudah selesai, maka tahap selanjutnya hanya tinggal menunggu proses rendering di software 3D 

Klo hasil dari yg sudah mahir makenya akan sangat bagus, seperti yg ada cinema4dtutorial.net. Dibadingkan dengan gambar ane, ane masih di bawah, kelas teri hehehe... 
Gimana apa sobat bloger tertarik untuk mencobanya?? Kalian bisa mendownloadnya  DISINI!!


sumber : hal-mnarik.blogspot.com

 
1 Komentar untuk "Belajar animasi 3D dengan Cinema 4D "

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top