Knowledge, Education, Bisnis

Ideacentre. Powered by Blogger.

ADOBE ENCORE WORKSHOP

090112 0947 ADOBEENCORE1 ADOBE ENCORE WORKSHOP
ADOBE ENCORE WORKSHOP
Sebelum kita memulai, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu format-format yang dapat diterima oleh adobe encore.

FORMAT VIDEO :
  • MPEG (motion picture expert group)
  • AVI (audio video interleaved)
    • Kedua format diatas menggunakan format DVD PAL 720X576

FORMAT AUDIO :
  • AC-3 (Dolby Digital)
  • MPEG Audio
  • Aif (Audio Interchange File)
  • WAV (Waveform Audio file)
  • WMA (Windows Media Audio)


Membuat project baru :

  1. klik menu file > new project dan pilih PAL untuk televisi standartnya
  2. Didalam kotak projek anda terdapat window dengan judul “untitled:disc” anda bisa save nama lain dengan mengklik menu File>save as
  3. pilih Tab “Disc” dan anda bisa mengganti nama volumenya.

Memasukan Asset Project:

  1. 090112 0947 ADOBEENCORE2 ADOBE ENCORE WORKSHOPmasuk kedalam Tab “Project” disini kita akan memasukan bahan-bahan atau asset-asset kedalam project kita tetapi sebelum anda memasukan asset sebaiknya anda buat kamar-kamar atau folder untuk jenis asset yang berbeda.
    1. Klik kanan tombol mouse anda didalam kotak tab project atau pilih menu file>New Folder, buat beberapa kali untuk folder Images, Menu, Movie,Sound dan timeline.
  2. sekarang kita memasukan asset, pilih salah satu folder lalu klik kanan tombol mouse dan anda pilih “import as asset” lalu pada folder latihan didalam hardisk pilih asset yang sesuai dari folder yang anda pilih.
  3. untuk folder menu dan timeline dibiarkan kosong dahulu.

Membuat Menu :

  1. untuk membuat lembar menu dari file gambar yang ada, syaratnya adalah anda harus mempunyai file gambar dengan format “PSD”.
    1. anda bisa klik kanan tombol mouse lalu pilih “Import as menu”
    2. Cara lainnya anda bisa memilih asset gambar yang ada, lalu anda klik menu file dan pilih “scale & swap asset” sehingga format file tersebut berubah menjadi ukuran yang sesuai dengan dvd format. Dan anda bisa klik kanan tombol mouse anda dan memilih “new menu” selanjutnya anda akan mendapatkan blank menu sehingga anda bisa mendrag & drop file gambar untuk membuat menu baru.
  2. 090112 0947 ADOBEENCORE3 ADOBE ENCORE WORKSHOP berikutnya anda bisa menggunakan fasilitas “Library” yang terdapat didalam menu window>library (f8). Disitu anda bisa mendapatkan contoh-contoh menu, gambar dan tombol yang bisa dimasukan kedalam projek anda.
  3. setelah anda membuat tampilan menu utama coba anda atur asset menu tersebut masuk kedalam folder menu jika memang belum masuk dan pada tampilan menu tersebut.
  4. Menu yang anda buat bisa anda edit didalam photoshop dengan cara memilih menu “Menu>Edit in photoshop”. Lihat pada bagian bawah kotak menu projek anda terdapat beberapa tombol seperti 090112 0947 ADOBEENCORE4 ADOBE ENCORE WORKSHOP
    1. Toggle picture aspect ratio : memperlihatkan bentuk asli dari menu pada pesawat televise.
    2. Show Safe area : garis luar adalah batas aman penempatan gambar/grafik dan garis dalam adalah batas aman penempatan teks.
    3. Show button routing : memperlihatkan arah dari keypad remote control pada setiap tombol yang ada. Anda bisa mengaturnya secara manual jika anda sudah mematikan pilihan “Automatically Route button” pada propertie menu.
    4. Ketiga icon berikutnya adalah tampilan dari tombol dalam keadaan normal, terpilih dan aktif.
    090112 0947 ADOBEENCORE5 ADOBE ENCORE WORKSHOP
  5. Klik menu window>Properties (F5). Lalu anda pilih Tab ‘Menu’ dan anda pilih menu yang ada, lihat pada propertiesnya.
  6. Pada menu yang anda buat sebagai menu awal, anda masukan beberapa tombol dengan menggunakan text, yaitu Play Movie, Special Features dan Scenes Selection. Teks tersebut di koversi menjadi tombol dengan cara memilih teks dan klik kanan tombol mouse lalu pilih “Convert to button”.
Atau anda bisa menggunakan tampilan menu yang ada pada library dengan nama “Blue grid menu” dan lakukan perubahan sedikit didalamnya.

Timeline :


Film yang sudah anda siapkan didalam asset, agar bisa ditampilkan harus dibuatkan Timeline terlebih dahulu, didalam timeline hanya boleh terdapat satu film atau beberapa gambar untuk membuat slideshow. Anda tidak bisa mencampur film dengan image/gambar dan anda tidak bisa memasukan lebih dari satu film…. Tetapi anda bisa memasukan banyak audio sebagai audio selection kedalam timeline, kasus ini biasa digunakan apabila film anda terdapat banyak bahasa.

Didalam timeline anda dipersilahkan membuat chapter/scenes dengan maksimal 99 scenes, kasus ini biasa digunakan untuk membuat ‘scenes selection’.

Terdapat juga pembuatan ‘poster frame’ didalam timeline yang fungsinya menampilkan gambar dari chapter.

Membuat Timeline :

  1. pilih filmnya dan klik kanan tombol mouse lalu pilih “new timeline”. Atau anda bisa mengklik menu ‘timeline > new timeline, dan pada timeline yang kosong tersebut anda drag film yang anda inginkan kedalamnya.
  2. didalam timeline anda bisa menggeser – geser slidernya untuk melihat isi film atau dengan menggunakan tombol panah kekiri dan kekanan anda bisa menggeser slider kekiri dan kekanan , tombol panah keatas kembali ke awal film dan kebawah kembali ke akhir film.

090112 0947 ADOBEENCORE6 ADOBE ENCORE WORKSHOP 
Membuat Chapter point dan Poster Frame :

  1. pilih timeline dan klik 2x untuk membukanya.
  2. pada timeline anda pilih adegan yang diinginkan lalu klik kanan tombol mouse ‘ dan pilih ‘ Add chapter point’. Atau anda bisa klik icon ‘add chapter point’ pada timeline atau monitor.
  3. untuk memasukan poster frame anda bisa memilih dulu adegannya lalu pilih nomer chapter pointnya dan klik kanan tombol mouse selanjutnya pilih ‘set poster frame.
  4. buatlah kira-kira 8 chapter beserta poster framenya.
  5. untuk menghapus chapter point, pilih nomor chapter pointnya klik kanan dan pilih delete.
  6. berikutnya anda buka Tab ‘Timeline’ didalam window project lalu anda pilih timelinenya dan lihat pada bagian bawah ada daftar chapter dan anda pilih salah satu chapter lalu buka window propertie, didalam window property anda bisa mengganti nama chapternya menjadi nama lain.

Membuat Sub menu :

  1. pada bagian menu awal yang kita buat ada pilihan Scene selection’. Disini kita harus membuat sub menunya dengan cara biasa anda dapat menggunakan library dan memilih tampilan menu ‘blue grid submenu’.
  2. anda atur posisi teksnya sesuai contoh, lalu anda buat keempat tombol kotak yang kurang dengan cara memilihnya dari library.
  3. pilih kotak pertama dan buka window properties serta rubah nomor urut kotaknya sesuai urutan.

090112 0947 ADOBEENCORE7 ADOBE ENCORE WORKSHOP

  1. pilih menunya dan pada window properties anda matikan pilihan ‘Automatically route button’ . sekarang anda bebas menentukan arah keypad dari remote control dvd. Jika sudah selesai, pada menu klik kanan tombol mouse dan pilih ‘preview from here’ untuk mencoba arah keypad yang sudah anda tentukan.
  2. Kita membuat satu menu lagi, untuk pilihan ‘special features’. Disini kita membuat menu untuk bahasa dan subtitle. Anda bebas membuat menu sesuai keinginan anda tapi ikutilah teks pada contoh menu dibawah ini.

090112 0947 ADOBEENCORE8 ADOBE ENCORE WORKSHOP

Link… :

090112 0947 ADOBEENCORE9 ADOBE ENCORE WORKSHOPSekarang tiba saatnya kita mengatur hubungan antara asset satu ke asset lainnya sesuai dari storyboard yang sudah anda tentukan.
  1. pertama adalah link dari Main menu yaitu play movie, disini jika user memilihnya maka akan masuk langsung kedalam filmnya, untuk itu buka window propertiesnya, pilih tombol play movienya dan pada window properties bagian link anda klik tanda panah kekanannya lalu pilih nama timeline movie anda dan pilih chapter pertamanya / defaultnya.
  2. untuk tombol ‘special feature’ anda atur linknya masuk kedalam menu ‘special feature sub menu’.
  3. untuk scenes selection juga anda atur linknya kedalam menu ‘scene selection sub menu’.

End Action

Setiap menu dan timeline mempunyai end action, defaultnya adalah ‘stop’. Pada menu…end action ‘stop’ akan membuat menu statis atau diam saja, sedangkan pada timeline end action ‘stop’ akan membuat tampilan blank pada layer film, sehingga user harus mengklik sesuatu agar kembali ke awal menu.

  1. anda buka window properties dan anda pilih salah satu timeline yang ada. Didalam timeline properties ada pilihan end action dan juga pilihan menu remote.
  2. coba anda rubah link end actionnya ke suatu menu, dan jalankan movienya..
  3. rubah pilihan menu remote ke suatu menu, ini berguna jika ditengah tengah film user anda ingin kembali ke menu awal atau menu lainnya yang sudah ditentukan. Didalam remote control dvd Biasanya menu remote ini berpasangan dengan title button yang bisa anda rubah linknya didalam property ‘DISC.
  4. ada juga ‘link override’ yang jarang dipakai dan biasa digunakan untuk mengubah link dari end action.

Color Sets

Ada 2 buah color set yaitu menu dan timeline, pada menu biasanya mengatur warna yang ada didalam tombol dan pada timeline biasanya mengatur warna teks dari subtitle.

Pada property menu anda akan menemukan 2 buah color set, yaitu otomatic dan menu default, jika memilih menu default maka anda juga dapat menentukan group warna untuk tombol tersebut.

Untuk mengubah dan menambah warna anda bisa klik menu edit>color set.




Audio Track

Sebuah film bisa mempunyai bahasa yang berbeda, sebelum masuk kedalam ‘Encore DVD’ tentunya anda harus mempersiapkan dahulu didalam software video editing beberapa film dengan audio bahasa yang berbeda.

Berikutnya didalam timeline audio anda klik kanan tombol mouse dan pilih Add Audio track, disini anda bisa memasukan audio file yang baru dan anda bisa menentukan juga kolom bahasa yang digunakan.

Pada menu special features sub menu anda pilih tombol Audio ‘Indonesia’ klik kanan tombol mouse anda dan pilih ‘Link To’ .. didalam menu specify link anda tentukan pada bagian bawahnya yaitu bagian audio nomor 1, dan link atasnya anda tentukan pada bagian menu>main menu>play movie… sehingga ketika user memilih bahasa yang diinginkan selanjutnya user dibawa ke menu depan. Atau anda bisa bereksperiment dengan link atas yang lain.
Lakukan juga hal yang sama pada bahasa English.

090112 0947 ADOBEENCORE10 ADOBE ENCORE WORKSHOP
Sub Title

Anda bisa memberikan sebanyak 32 subtitle pada sebuah track.

Cara memasukan subtitle :
  1. klik kanan tombol mouse pada bagian timeline lalu pilih add subtitle track. Tentukan juga jenis bahasa yang diinginkan. Pertama kita pilih Indonesia.
  2. sebelum kita lanjutkan anda bisa membuka property DISC dan anda pilih pada bagian ‘ set subtitle’= off untuk meyakinkan tidak ada subtitle yang terpilih untuk default movie ini.
  3. berikutnya kita klik kanan lagi tombol mouse pada timeline dan anda lihat pada pilihan ‘Import subtitle’ ada 3 bagian yaitu Text Script, FAB dan Caption.
    Fab dan Caption menggunakan software lain. Jadi disini kita menggunakan text script.
  4. text script berarti kita membuat text script sendiri dengan notepad dengan format penulisan seperti dibawah ini :

1 00:00:14:0 00:00:16:0 Indonesia Raya
2 00:00:20:0 00:00:25:0 Sangat Kaya
3 00:00:30:0 00:00:45:0 Hidup Indonesia Raya
090112 0947 ADOBEENCORE11 ADOBE ENCORE WORKSHOP
Dan seterusnya …
lalu anda save dinotepad dengan Encoding ANSI

  1. setelah anda import anda akan mendapatkan tampilan import subtitle dimana anda bisa merubah property dari text subtitlenya.

  1. cara lainnya anda bisa menulis langsung didalam monitor timeline. Dan mengaturnya dengan menggunakan character window serta property untuk subtitle clip.



Finishing


  1. pertama anda pilih Tab ‘DISC dan klik tombol ‘check links untuk mendeteksi link yang gagal dan asset yang tidak terpakai.
  2. berikutnya anda klik tombol ‘build project dan Project anda siap di BURN.

090112 0947 ADOBEENCORE12 ADOBE ENCORE WORKSHOP


sumber : heroges.com


0 Komentar untuk "ADOBE ENCORE WORKSHOP"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top