Tutorial Video Editing "Membuat Opening Video"


Hai sahabat.. saya kembali menyapa Anda dalam artikel terbaru saya. Hehe.. Kali ini saya akan memberikan artikel tentang “Tutorial Dasar Editing Pada Adobe Premiere Pro CS3 – Opening”. Pada artikel sebelumnya yaitu pada Pengenalan Adobe Premiere Pro CS 3 saya sudah mengenalkan Adobe Premiere Pro CS 3 kepada sahabat sekalian dan juga memberikan pembahasan mengenai area kerja program tersebut. Maka dalam tutorial kali ini.. saya akan langsung menjelaskan dasar editing dan menampilkan langkah – langkah dalam editing..
sahabat .. Editing video adalah ilmu mengolah gambar video, audio, animasi, grafik dan lainnya menjadi satu kesatuan video / film yang dapat dinikmati dengan indera kita.
Dasar dari editing ada 3.. yaitu 
 

  1.  Opening : opening dalam suatu video merupakan pembukaan yang biasanya berisi judul video, keterangan singkat mengenai video, dan biasanya menampilkan logo production yang memproduksi video tersebut.
  2. Content : merupakan isi dari suatu video.. disinilah inti dari video tersebut. 
  3. Closing : merupakan bagian akhir dalam sebuah video. Biasanya berisikan credits ( nama-nama orang-orang yang ikut andil dalam video tersebut seperti sutradara, produser, cameramen, termasuk sang editor video tersebut dan lain-lain.
Namun Pada kali ini saya akan menjelaskan bagian opening saja dulu ya sahabat..
Ayo kita lanjut ke langkah – langkah dasar dalam editing video..

1. Buka Program Adobe Premiere Pro CS 3 dan atur sesuai keinginan Anda.. seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial Pengenalan..
2. langsung saja ke pembuatan  opening sederhana ya sahabat.. 
3. untuk memberikan tulisan judul pada opening, sahabat bisa memakai title.. caranya klik Menu File, lalu Pilih New, lalu pilih Title (atau langsung klik ctrl + t pada keyboard)
4. maka akan muncul kotak dialog New Title.. isikan saja “judul-mempersembahkan”seperti pada gambar berikut.. lalu klik OK
5. Selanjutnya , setelah mengklik OK, akan keluar kotak dialog tempat mengedit Title seperti gambar berikut..
6. Buat tulisan nama produksi Anda dan tulisan mempersembahkan, misalnya  seperti gambar berikut..
7. kalau sudah simpan title tersebut dengan cara klik ctrl + s pada keyboard.. lalu close kotak dialog tsb.. maka secara otomatis title yang Anda buat akan terletak pada project window
8. lakukan dengan cara yang sama untuk membuat judul video misalkan seperti ini..
9. Kemudian, Anda drag kedua title tersebut ke kotak time line seperti gambar berikut..
10. Untuk menambah sentuhan kreasi, kita bisa menambahkan efek transisi atau efek dalam video tersebut.. misalnya seperti gambar dibawah ini.. kita tambahkan efek transisi cross dissolve pada bagian awal.. maka video akan tampak transparan ke gambar utuh secara halus..
11. kemudian lakukan pada perpindahan ke title judul, kita coba pakai transisi cross zoom seperti gambar berikut..
12. Lalu, apabila Anda ingin menambahkan background gambar pada video tsb, Anda dapat meng-import gambar dari harddisk Anda.. caranya dengan cara klik menu File, lalu pilih import..
13. setelah keluar kotak dialog Import, pilih gambar yang akan Anda buat Background.. lalu klik open.. maka gambar akan terletak pada project window
14. Karena gambar tadi akan kita buat background.. kedua title tadi kita geser ke video 2 pada Timeline.. karena gambar yang akan kita buat background itu nantinya akan kita letakkan pada time line video 1.. (seperti sistem layer pada photoshop)
15. blok kedua title tersebut.. lalu drag saja ke kolom video 2 seperti gambar berikut
16. Kemudian drag gambar tadi ke Time line kolom video 1. 
17. Karena gambar backgroundnya tidak mencukupi lebar video, kita buat agar gambar tsb dapat selebar video dan menutupi semua bagian dengan cara klik kanan gambar tersebut, lalu klik scale to frame size..

18. Sesuaikan panjang durasi gambar dengan panjang video title. Klik background, lalu pada pojok kanan, setelah muncul gambar panah kiri kanan kecil, seret ke kanan sesuai panjang video title yang berada diatasnya..
19. kalau sudah... Untuk mengakhiri opening ini, sebaiknya title dan background diberi transisi halus dari gambar utuh ke gambar transparan dengan memberikan transisi cross dissolve pada keduanya..
20. Anda juga dapat menambahkan audio agar video tidak membosankan.. namun sebaiknya nanti saja pada saat sudah menggabungkan antara opening, content, dan closing.. barulah kita menambahkan audionya..
20. Nah, jangan lupa menyimpan projek kita ini sahabat.. caranya klik Menu File, Pilih Save..
21. apabila Anda ingin melihat hasil opening ini, Anda dapat me-render video tersebut dengan cara Klik Menu File, lalu pilih Export, klik Movie..
22. setelah muncul kotak dialog Export, beri nama video tersebut, Lalu klik save.. tunggu sampai proses rendering selesai..
23. Setelah proses rendering selesai, Anda dapat melihat hasilnya dengan pemutar video di windows Anda
Hmmm.. sekian dulu tutorial kali ini.. tunggu tutorial selanjutnya dari saya yaa..
terimakasih.. 
sumber : ajarmultimedia.blogspot.com

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Copyright © ideacentre

Designed By: Fauzi Blog