Rendering ntu
kira - kira artinya adalah adalah proses penggabungan semua komponen
video editing untuk dikumpulkan dalam suatu format. Berlaku pula saat
pembuatan Game, jika grafisnya sangat bagus maka proses rendering dapat
berlangsung sangat lama, tergantung pula pada VGA. Processor pada
komputer juga memegang peranan penting dalam proses rendering.
Di Blender 3D, juga terdapat fasilitas ini. Untuk menggunakannya, yaitu :
- Tekan F10 (scene)
- Maka akan tampil dan kalo di klik pada tab Render akan terlihat ada 2 pilihan untuk rendering engine. Pilih salah satu.
- Kita juga bisa memilih tipe untuk render display.
- Setelah itu tekan tombol Render.
- Untuk menyimpan image hasil rendering : File - Save Rendered Image.
- Lalu tentukan lokasi untuk menyimpan image, jika sudah, save JPEG.
- Sedangkan untuk merender animasi bisa kita gunakan tombol Anim pada Tab Anim. Lebih lanjut tentang rendering animasi, akan dibahas pada topik animasi rendering.
Untuk merender objek, cukup
dengan menekan F12. Dan untuk melihat preview rendering sebelum di
render tekan Shift+P. Dan yang saya tahu dan pernah gunakan, bahwa
blender 3D menggunakan 2 macam engine rendering, yaitu Blender Internal
dan Yafray.
Kalo Blender Internal yaitu
engine bawaan Blender 3D untuk merender berbagai objek dan animasi
beserta efek - efeknya. Sama dengan yafray, namun Yafray lebih
difokuskan untuk rendering Ray Tracing seperti efek gelas / kaca. Dan
sepengetahuan saya, Yafray lebih berat, sehingga membutuhkan processor
dan VGA yang cepat untuk mendukung proses renderingnya.
by Yomi
0 Komentar untuk "Rendering"