Modeling Jembatan Gantung dengan Blender
Apa kabar, semangat pagi ! ! . . . pada postingan saya kali ini, akan
membahas bagaimana membuat objek jembatan gantung menggunakan Blender.
Jembatan gantung mempunyai banyak elemen, diantaranya kayu dan tali yang banyak dan cukup ribet kalau kita menduplikatnya berulang kali secara manual. untungnya, Blender mempunyai tool yang cocok untuk membuat model rumit seperti jembatan gantung ini, sehingga memudahkan kita dalam proses modeling. Ok, hasil yang saya dapatkan adalah seperti gambar dibawah:
Berikut langkah-langkahnya. Cekibrot . . . .
1. Buka program Blender, dan seleksi objek cube dengan cara klik kanan cube tersebut.
2. Tekan tombol S lalu tombol Z (berurutan) dan geser pointer supaya cube bentuknya menjadi pipih atau gepeng seperti gambar dibawah.
3. Tekan lagi tombol S lalu tombol Y, geser pointer hingga objek mengecil hanya pada sumbu Y saja seperti gambar dibawah.
4. Tekan tombol Tab untuk beralih ke Edit mode, lalu tekan Ctrl+R dan arahkan pointer ke tengah-tengah objek sehingga munul Edge baru yang membelah objek cube tersebut.
5. Masih dalam keadaan edge baru terseleksi, tekan Ctrl + B lalu geser pointer sehingga edge tersebut menjadi dua dan posisinya bergeser ke ujung objek seperti gambar dibawah.
6. Masih dalam keadaan edge baru tersebut terseleksi, tekan lagi tombol Ctrl+B lalu geser pointer sehingga edge tersebut menjadi dua seperti gambar dibawah.
7. Ubah mode seleksi menjadi Face lalu seleksi face seperti gambar dibawah (Tips: untuk menyeleksi face tersebut, klik kanan salah satu face sambil menahan tombol Alt).
8. Tekan tombol E, lalu klik pointer supaya face tersebut tidak menebal.
9. Tekan tombol S lalu geser pointer supaya face membesar seperti gambar dibawah.
10. Masih dalam keadaan face tersebut terseleksi, tekan tombol S lalu tombol Z agar membesar pada sumbu Z seperti gambar dibawah. Lakukan pula pada sisi satunya gan . . .
11. Tekan Shift+A lalu pilih Curve > Bezier untuk membuat garis kurva seperti gambar dibawah.
12. Tekan tombol 7 untuk merubah sudut pandang menjadi Top atau atas. Ubah mode seleksi menjadi Edit Mode, lalu seleksi vertice dan geser vertice tersebut ke ujung grid seperti gambar dibawah.
13. Geser juga posisi vertices yang satunya ke ujung grid seperti gambar dibawah.
14. Tekan tombol 3 untuk merubah sudut pandang menjadi Right Perspective atau sisi kanan.
15. Seleksi vertices yang dikanan lalu tekan R dan geser pointer untuk memutar vertices tersebut sehingga bentuk kurva menjadi melengkung seperti gambar dibawah. Tekan tombol S untuk memperbesar lengkungan pada kurva.
16. Lakukan pula pada sisi satunya, sehingga sekarang kurva mempunyai bentuk seperti gambar dibawah. Jangan lupa menekan tombol Tab untuk mengubah Edit Mode ke Objek Mode.
17. Seleksi cube atau objek kotak, dan tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer untuk memutar objek pada sumbu Z sekitar 90 derajat seperti gambar dibawah. Ubah kembali mode menjadi Object Mode dengan menekan tombol Tab.
18. Pada tab Object Modifier, klik menu dropdown Add Modifier lalu pilih Array.
19. Pada Properties Array, ceklis Relative Offset lalu atur nilai X=0.000, Y=1.400 dan Z=0.000 dan atur nilai Counts=2 sehingga sekarang objek cube menjadi 2 seperti gambar.
20. Pada tab Object Modifier, buka menu Add Modifier lalu pilih Curve.
21. Di parameter Curve, pada pilihan object pilih BazierCurve sehingga objek cube berada pada ujung curve seperti gambar.
22. Untuk memperbanyak jumlah cube, pada parameter Array atur nilai Count=25 sehingga sekarang objek cube menjadi banyak dan mengikuti lengkungan kurva yang tadi dibuat.
23. Sekarang, kita akan membuat objek kurva menjadi besar seperti tali. Seleksi objek kurva atau garis lalu pada Tab Object Data ubah Fill menjadi Full. Pada Rollout Geometry, atur nilai Extrude=0.02 dan Depth=0.02.
24. Tekan tombol 7 untuk mengubah sudut pandang menjadi Top Perspective.
25. Seleksi objek kurva lalu tekan Shift+D dan geser posisinya ke sisi satunya seperti gambar.
26. Ubah pandangan menjadi seperti gambar lalu seleksi kedua kurva dengan menahan tombol Shift. Tekan Shift+D lalu geser posisinya keatas cube seperti gambar dibawah.
27. Masih dalam keadaan kedua kurva terseleksi, tekan Shift+D lagi lalu geser posisinya keatas seperti gambar. Ini akan kita gunakan sebagai tali pegangan.
28. Tekan tombol Shift+A lalu Mesh > Cube sehingga muncul cube baru pada scene.
29. Tekan tombol S lalu kecilkan ukurannya. Atur posisinya sehingga objek Cube berada pada tali pegangan atau kurva.
30. Tekan tombol Tab untuk mengubah mode menjadi Edit Mode lalu ubah mode seleksi menjadi Face. Seleksi face bagian bawah seperti gambar.
31. Tekan tombol E dan langsung klik pointer supaya posisi nya tidak bergeser. Tekan tombol S untuk mengecilkan Face baru ini sehingga seperti gambar dibawah.
32. Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga sekarang face tersebut memanjang sampai ke bagian bawah jembatan. Tekan tombol Tab untuk mengubah kembali mode menjadi Object Mode.
33. Pada tab Object Modifier, klik menu Add Modifier lalu pilih Array.
34. Pada parameter Array, atur nilai Count=3 dan X=6.000 sehingga cube ini posisinya menempati tiap sela pada jembatan.
35. Klik lagi menu Add Modifier lalu pilih Array. Pada pilihan object, silahkan pilih BazierCurve.
36. Sekarang objek cube ini mungkin posisinya akan seperti gambar dibawah. Untuk mengatasinya, silahkan geser posisinya keatas sampai berada pada posisi yang tepat.
37. Agar jumlahnya menjadi banyak, pada parameter Array, atur nilai Count=25.
38. Tekan tombol 7 untuk mengubah pandangan menjadi Top Persp lalu seleksi objek cube atau tihan dan duplikat lalu geser posisinya ke sisi yang lain. Sekarang, kedua sisi mempunyai tihang seperti gambar dibawah . . .
39. Yupz . . . sekarang kita mempunyai jembatan 3D yang mengubungkan dunia nyata dengan Dunia 3D. Happy Blending . . . .
Anda bisa tambahkan dua orang yang sedang pacaran di tengah jembatan untuk membuat suasana romantis dan render dengan suasana sore hari dengan efek siluet. Ya . . itu Cuma imajinasi saya saja. hehehe . . . .
Nah, sekarang anda tinggal berkreasi dengan tool-tool seperti Array dan Curve ini untuk membuat bentuk – bentuk objek yang lainnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih . . .
Jembatan gantung mempunyai banyak elemen, diantaranya kayu dan tali yang banyak dan cukup ribet kalau kita menduplikatnya berulang kali secara manual. untungnya, Blender mempunyai tool yang cocok untuk membuat model rumit seperti jembatan gantung ini, sehingga memudahkan kita dalam proses modeling. Ok, hasil yang saya dapatkan adalah seperti gambar dibawah:
Berikut langkah-langkahnya. Cekibrot . . . .
1. Buka program Blender, dan seleksi objek cube dengan cara klik kanan cube tersebut.
2. Tekan tombol S lalu tombol Z (berurutan) dan geser pointer supaya cube bentuknya menjadi pipih atau gepeng seperti gambar dibawah.
3. Tekan lagi tombol S lalu tombol Y, geser pointer hingga objek mengecil hanya pada sumbu Y saja seperti gambar dibawah.
4. Tekan tombol Tab untuk beralih ke Edit mode, lalu tekan Ctrl+R dan arahkan pointer ke tengah-tengah objek sehingga munul Edge baru yang membelah objek cube tersebut.
5. Masih dalam keadaan edge baru terseleksi, tekan Ctrl + B lalu geser pointer sehingga edge tersebut menjadi dua dan posisinya bergeser ke ujung objek seperti gambar dibawah.
6. Masih dalam keadaan edge baru tersebut terseleksi, tekan lagi tombol Ctrl+B lalu geser pointer sehingga edge tersebut menjadi dua seperti gambar dibawah.
7. Ubah mode seleksi menjadi Face lalu seleksi face seperti gambar dibawah (Tips: untuk menyeleksi face tersebut, klik kanan salah satu face sambil menahan tombol Alt).
8. Tekan tombol E, lalu klik pointer supaya face tersebut tidak menebal.
9. Tekan tombol S lalu geser pointer supaya face membesar seperti gambar dibawah.
10. Masih dalam keadaan face tersebut terseleksi, tekan tombol S lalu tombol Z agar membesar pada sumbu Z seperti gambar dibawah. Lakukan pula pada sisi satunya gan . . .
11. Tekan Shift+A lalu pilih Curve > Bezier untuk membuat garis kurva seperti gambar dibawah.
12. Tekan tombol 7 untuk merubah sudut pandang menjadi Top atau atas. Ubah mode seleksi menjadi Edit Mode, lalu seleksi vertice dan geser vertice tersebut ke ujung grid seperti gambar dibawah.
13. Geser juga posisi vertices yang satunya ke ujung grid seperti gambar dibawah.
14. Tekan tombol 3 untuk merubah sudut pandang menjadi Right Perspective atau sisi kanan.
15. Seleksi vertices yang dikanan lalu tekan R dan geser pointer untuk memutar vertices tersebut sehingga bentuk kurva menjadi melengkung seperti gambar dibawah. Tekan tombol S untuk memperbesar lengkungan pada kurva.
16. Lakukan pula pada sisi satunya, sehingga sekarang kurva mempunyai bentuk seperti gambar dibawah. Jangan lupa menekan tombol Tab untuk mengubah Edit Mode ke Objek Mode.
17. Seleksi cube atau objek kotak, dan tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer untuk memutar objek pada sumbu Z sekitar 90 derajat seperti gambar dibawah. Ubah kembali mode menjadi Object Mode dengan menekan tombol Tab.
18. Pada tab Object Modifier, klik menu dropdown Add Modifier lalu pilih Array.
19. Pada Properties Array, ceklis Relative Offset lalu atur nilai X=0.000, Y=1.400 dan Z=0.000 dan atur nilai Counts=2 sehingga sekarang objek cube menjadi 2 seperti gambar.
20. Pada tab Object Modifier, buka menu Add Modifier lalu pilih Curve.
21. Di parameter Curve, pada pilihan object pilih BazierCurve sehingga objek cube berada pada ujung curve seperti gambar.
22. Untuk memperbanyak jumlah cube, pada parameter Array atur nilai Count=25 sehingga sekarang objek cube menjadi banyak dan mengikuti lengkungan kurva yang tadi dibuat.
23. Sekarang, kita akan membuat objek kurva menjadi besar seperti tali. Seleksi objek kurva atau garis lalu pada Tab Object Data ubah Fill menjadi Full. Pada Rollout Geometry, atur nilai Extrude=0.02 dan Depth=0.02.
24. Tekan tombol 7 untuk mengubah sudut pandang menjadi Top Perspective.
25. Seleksi objek kurva lalu tekan Shift+D dan geser posisinya ke sisi satunya seperti gambar.
26. Ubah pandangan menjadi seperti gambar lalu seleksi kedua kurva dengan menahan tombol Shift. Tekan Shift+D lalu geser posisinya keatas cube seperti gambar dibawah.
27. Masih dalam keadaan kedua kurva terseleksi, tekan Shift+D lagi lalu geser posisinya keatas seperti gambar. Ini akan kita gunakan sebagai tali pegangan.
28. Tekan tombol Shift+A lalu Mesh > Cube sehingga muncul cube baru pada scene.
29. Tekan tombol S lalu kecilkan ukurannya. Atur posisinya sehingga objek Cube berada pada tali pegangan atau kurva.
30. Tekan tombol Tab untuk mengubah mode menjadi Edit Mode lalu ubah mode seleksi menjadi Face. Seleksi face bagian bawah seperti gambar.
31. Tekan tombol E dan langsung klik pointer supaya posisi nya tidak bergeser. Tekan tombol S untuk mengecilkan Face baru ini sehingga seperti gambar dibawah.
32. Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga sekarang face tersebut memanjang sampai ke bagian bawah jembatan. Tekan tombol Tab untuk mengubah kembali mode menjadi Object Mode.
33. Pada tab Object Modifier, klik menu Add Modifier lalu pilih Array.
34. Pada parameter Array, atur nilai Count=3 dan X=6.000 sehingga cube ini posisinya menempati tiap sela pada jembatan.
35. Klik lagi menu Add Modifier lalu pilih Array. Pada pilihan object, silahkan pilih BazierCurve.
36. Sekarang objek cube ini mungkin posisinya akan seperti gambar dibawah. Untuk mengatasinya, silahkan geser posisinya keatas sampai berada pada posisi yang tepat.
37. Agar jumlahnya menjadi banyak, pada parameter Array, atur nilai Count=25.
38. Tekan tombol 7 untuk mengubah pandangan menjadi Top Persp lalu seleksi objek cube atau tihan dan duplikat lalu geser posisinya ke sisi yang lain. Sekarang, kedua sisi mempunyai tihang seperti gambar dibawah . . .
39. Yupz . . . sekarang kita mempunyai jembatan 3D yang mengubungkan dunia nyata dengan Dunia 3D. Happy Blending . . . .
Anda bisa tambahkan dua orang yang sedang pacaran di tengah jembatan untuk membuat suasana romantis dan render dengan suasana sore hari dengan efek siluet. Ya . . itu Cuma imajinasi saya saja. hehehe . . . .
Nah, sekarang anda tinggal berkreasi dengan tool-tool seperti Array dan Curve ini untuk membuat bentuk – bentuk objek yang lainnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih . . .
sumber : jurusan-multimedia.blogspot.com
0 Komentar untuk " Modeling Jembatan Gantung dengan Blender"