Dalam
tutorial kali ini kita akan membuat animasi kupu-kupu di Swishmax 4,
bisa juga pembuatannya dilakukan menggunakan Swishmax 2 & 3, untuk
pembuatan objek kupu-kupunya dibuat dulu pake Photoshop.. ^_^. Oke
langsung aja buka program Photoshopnya…
Langkah 1
Buat canvas baru, atur width = 400 px, heig ht = 300 px, kemudian klik OK.
Langkah 2
Untuk objek kupu-punya kita buat dengan menggunakan Custom Shape tool, klik Custom Shape Tool, pada bagian Option Tool pilih objek shape kupu-kupu, seperti gambar dibawah ini.
Langkah 3
Buat objek kupu-kupu dicanvas.
Langkah 4
Untuk memberikan warna pada objek kupu-kupu klik Blending option pada Pallete Layer kemudian pilih Gradient Overlay. Atur Gradient, Style, dan Scale, seperti gambar dibawah ini, kemudian klik OK.
Langkah 5
Sebelum menyimpan potong canvas menggunakan Crop Tool sebesar objek kupu-kupu, kemudian klik Indicates layer Background, agar background warna Putih tidak ikut tersimpan nantinya.
Langkah 6
Untuk menyimpan klik File – Save As , ganti Format menjadi PNG agar background menjadi transparan. Klik Save dan klik OK. Lihat gambar dibawah ini.
Langkah 7
Langkah selanjutnya memasukkan dan
memberikan objek kupu-kupu di Swishmax 4, buka Program Swishmax 4,
kemudian masukkan gambar yang telah disimpan dengan cara klik insert – import image. Untuk
backgroundnya disini saya sudah disain terlebih dahulu. Jadi disini
hanya dijelaskan pembuatan objek kupu-kupu dan animasi kupu-kupunya.
Langkah 8
Kemudian duplicate objek kupu-kupu menjadi 4 buah dengan cara klik objek kupu-kupunya tekan Ctrl + C kemudian tekan Ctrl + V, susun objek kupu-kupu, dan ubah lebar objek kupu-kupu seperti gambar dibawah ini.. inget lebarnya yah…
Langkah 9.
Susun posisi objek dari yang paling besar di bawah dan yang paling kecil di atas, seperti gambar dibawah ini.
Langkah 10.
Blok ke lima Objek kupu-kupu, kemudian klik menu Modify – Grouping – Group as Movie Clip (Movie Clip = Sprite).
Langkah 11
Buka Movie Clip/Sprite , pada window Time line beri efect Place dan Remove dengan cara klik kanan pada frame pilih Place/Remove, pemberian
Efect Place dan Remove mulai dari frame Pertama untuk objek kupu-kupu
yang paling bawah. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Langkah 12
Selanjutnya menjalankan kupu-kupu dengan Effect Move. Letakkan posisi objek kupu-kupu diluar stage. Beri Effect Move dengan cara klik kiri 2 kali pada frame 24. Seperti gambar dibawah ini.
Langkah 13
Tarik objek kupu-kupu ke atas atau keposisi yang diinginkan. Seperti gambar dibawah ini.
Langkah 14
Masih dengan efect move klik kiri 2 kali pada frame 48,
tarik k objek kupu-kupu keposisi yang inginkan. Untuk move yang ketiga
lakukan cara yang sama. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Langkah 15
Selanjutnya mengatur arah kupu-kupu agar mengikuti garis efect move. Klik Preview Frame, dengan Preview frame klik di akhir efect move pada efect move yang pertama, kemudian putar objek kupu-kupu mengikuti arah garis efect move seperti gambar dibawah ini.
Langkah 16
Lakukan langkah 15 pada efect move yang kedua dan ketiga. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya silahkan mainkan animasinya
dengan menekan tombol Ctrl + T. Tambahkan efect move untuk menjalankan
Objek kupu-kupu keposisi yang diinginkan. Caranya seperti langkah 14
& 15.
Terima kasih semoga bermanfaat, maaf
jika tutorialnya terlalu singkat dan ada kata-kata yang salah maklum
masih newbie soal swishmax ^_^, mohon saran/masukan dari para master
swishmax.
Hasil jadinya seperti dibawah ini..
0 Komentar untuk "Butterfly Animation Menggunakan Swishmax"