Sebenarnya
untuk membuat suatu objek yang mengikuti gerakan mouse didalam SWiSHmax
sangatlah mudah. Yaitu dengan cara menambahkan script mouse dragging pada objek yang akan dibuat mengikuti gerakan mouse.
onLoad () {
startDragLocked();
}
Namun cara tersebut akan membuat objek
terlalu statis dan tidak menarik. Untuk membuat objek dapat mengikuti
mouse dengan cara yang lebih menarik kita dapat menggunakan teknik yang
berbeda.
Dalam hal ini kita akan membuat objek kupu-kupu yang mengkikuti mouse.
Langkah 1
Pertama kita akan membuat objek
kupu-kupu terlebih dahulu. Gambarlah badan dan kepala kupu-kupu dengan
menggunakan ellipse tool. Lalu gunakan pencil tool atau Bezier untuk
menggambar antenna kupu-kupu.
Langkah 2
Setelah itu group objek badan kepala dan
antenna dengan cara block ketiga objek tersebut, lalu dari menu modify
pilih grouping dan group as group. Pada panel group beri nama group ini
sebagai “badanâ€.
Langkah 3
Gambarlah sayap kupu-kupu dengan
menggunakan bezier tool, lalu gandakan objek sayap tersebut sehingga
terdapat dua sayap kupu-kupu. Gunakan warna yang sedikit berbeda untuk
kedua sayap tersebut untuk memberikan kesan sedikit gelap untuk sayap
yang berada di belakang.
Langkah 4
Group kedua sayap tersebut dan beri nama “sayap_atasâ€.
Langkah 5
Copy objek sayap_atas dan ganti namanya sebagai “sayap_bawahâ€.
Langkah 6
Lalu transformasikan sayap_bawah sehingga sayap terlihat sedang mengepak ke bawah.
Langkah 7
Setelah itu objek kupu-kupu yang telah
kita buat, akan kita animasikan sehingga kupu-kupu tersebut mengepakkan
sayap. Tambahkan efek place untuk sayap_atas pada frame satu dan tambahkan efek remove pada frame lima. Lalu untuk sayap_bawah tambahkan efek place pada frame lima.
Langkah 8
Setelah selesai, objek kupu-kupu
tersebut kita group menjadi sprite, sehingga kupu-kupu tersebut
menggepakkan sayapnya terus-menerus. Block objek kupu-kupu tersebut,
lalu dari menu modify pilih Grouping kemudian pilih Group as Sprite.
Langkah 9
Setelah itu klik objek kupu-kupu dan buka jendela script, lalu ketikkan kode berikut ini:
onLoad () {
_x = 0;
_y = 0;
speed = 10;
}
onEnterFrame() {
endX = _root._xmouse;
endY = _root._ymouse;
_x += (endX-_x)/speed;
_y += (endY-_y)/speed;
}
Hasil Akhir
Sekarang kupu-kupu akan mengikuti gerakan mouse secara perlahan.
Kita juga dapat menambahkan objek seperti rumput atau yang lainnya untuk memperindah tampilan animasi yang telah kita buat.
M. Arnaldo
sumber : news.palcomtech.com
Tag :
Swismax
0 Komentar untuk "Kupu-Kupu Mengikuti Mouse"