Knowledge, Education, Bisnis

Ideacentre. Powered by Blogger.

Cara Pengurusan NUPTK Agar Cepat



Langkah I ideal dan Formal :
Syarat memiliki NUPTK
Informasi Pemutakhiran NUPTK : http://fajaringgit.blogspot.com/2013/05/pemutakhiran-data-nuptk.html
yang sudah mendaftar bisa cek NUPTK saudara di : http://223.27.144.195:8083/info.php
Persyaratan standar minimal tentang PTK yang bisa dijaring baik pendidikan Formal maupun Non Formal untuk mendapatkan NUPTK
Syarat Umum
  • WNI dan WNA yang sudah naturalisasi
  • Menjadi Pendidik (melakukan tatap muka di depan kelas) dan Tenaga Kependidikan (menunjang proses pendidikan) baik pada pendidikan formal maupun non formal, PNS maupun non PNS dan baik dibawah binaan Kemdiknas maupun Kemenag.
Syarat Khusus :
PTK Pendidikan Formal
  • Untuk PNS/CPNS yang dibuktikan dengan bukti SK Penetapan sebagai Guru/Pendidik untuk segera dilakukan proses pendataan berdasarkan bukti fisik pendukung.
  • Untuk Non PNS pendataan usulan baru dilakukan maksimal 2 (dua) kali dalam setahun (pada bulan Juni dan Desember menjelang awal semester) dengan syarat : Minimal telah memiliki masa kerja 2 tahun yang dibuktikan dengan SK Penugasan dari lembaga yang berwenang.
PTK Non Formal
Pengusulan NUPTK bagi PTK-PNF dengan syarat :
  • Sampai akhir tahun 2010 semua PTK PNF segera dimasukkan ke dalam database SIM NUPTK- PNF untuk diproses generate NUPTK.
  • Mulai tahun 2011, PTK-PNF yang diusulkan masuk database SIMNUPTK PNF minimal memiliki masa kerja 2 tahun (TMT minimalbulan Juli tahun 2009).
  • Lembaga/instansinya terdaftar di dinas pendidikan setempat
Tips Melihat NUPTK
Caranya adalah mengunduh NUPTK Web Browser.  Web Browser yang khusus diperuntukkan untuk mengakses database NUPTK Online yang berisi database PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Indonesia yang bertugas baik didalam Negeri maupun di Luar Negeri Proses Update data hanya diperuntukkan bagi Pengguna yang sudah diijinkan memiliki Akun NUPTK. Untuk memakai fasilitas ini, silahkan Unduh Gratis Aplikasinya disini

Langkah 2, Cepat dan Akurat
Menggunakan program bernama SIM NUPTK (Sistem Informasi Manajemen NUPTK) yang diberikan oleh operator tingkat Kota. Untuk di kabupaten sekarang operator sudah langsung memberikan programnya tanpa harus mengisi form. Mengapa mengajukan menggunakan SIM NUPTK yang dirilis tahun 2006 lebih mudah dan cepat tidak perlu bolak-balik.
Bagii para guru dan tenaga kependidikan yang ingin atau baru mengajukan NUPTK, mintalah program SIM NUPTK (jangan lupa membawa flashdisk untuk mengcopy dari operator kota/kabupaten). Sehingga anda tidak perlu bolak-balik menyerahkan form yang hilang dan lupa (dilupakan) oleh operator. Dengan menggunakan SIM NUPTK anda bisa menghemat tenaga dan waktu untuk mengurus NUPTK. Selamat mencoba. Untuk program SIM NUPTK terbaru adalah versi SIM NUPTK 8.1 (MS SQL Server). Terakhir, mengajukan NUPTK gratis tidak ada pungutan biaya.
Mangga Di Coba, mudah mudahan sukses




First Informasi :WWW.pustakasekolah.com, BHAYU SULISTIAWAN, Tulisan On Edukasi.kompasiana.com

0 Komentar untuk "Cara Pengurusan NUPTK Agar Cepat"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top